Ilmuwan dari Republik Ceko Ikut Ngompol di Tasikmalaya

 Ilmuwan dari Republik Ceko Ikut Ngompol di Tasikmalaya

tasikiwari.com, BERITA TASIKMALAYA. Sore tadi, Rabu (13/03), organisasi Selamatkan Bumi agar Lestari, Conversation Society atau disingkat Sanitari CS menggelar acara diskusi NGOMPOL (Ngomongkeun Sampah Or Lingkungan) dengan tema “Perilaku Manusia dan Peran Media Sosial dalam Penanganan Permasalahan Sampah”, yang bertempat di Rumah Kuning Jl. Pemuda No. 2 Kota Tasikmalaya.

Acara yang dimulai pukul 16.30 WIB itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya,  Drs. H. Ivan Dicksan Hasannudin, M.Si, Asda II Drs. H. Tedi Setiadi, M.Pd, Kepala Dinas Lingkungan Hidup H.Deni Diyana, juga H. Budy Rachman, S.Sos., M.Si.,  selaku Kepala Bepelitbangda dengan peserta sebanyak 46 orang dari berbagai kalangan aktivis lingkungan, komunitas pecinta alam seperti MAPALA dan FKPAT, UKM media Universitas Cipasung, UKM Generalis STIA, kelompok seni dan organisasi mahasiswa lainnya.

Ketua Sanitari CS, Syahril Bata Asfari, dalam sambutannya menyatakan,  “Sanitari CS ini organisasi yg berfokus di bidang lingkungan dan penelitian lingkungan. Dengan harapan ke depannya bisa terus eksis dan berkelanjutan,” ujar Ketua Sanitari CS yang akrab disapa Bata.

Pada acara tersebut, Sekda Kota Tasikmalaya juga memberikan sambutan. “Kami dari pemerintah Kota Tasikmalaya sangat mengapresiasi dengan diadakannya diskusi ini, terutama karena berkaitan dengan lingkungan dimana berkenaan langsung dengan tantangan pemerintah Kota Tasikmalaya saat ini, salah satunya yaitu penanganan sampah. Alhamdulillah Kota Tasikmalaya mendapat pengakuan apresiasi Adipura, meskipun belum sepenuhnya bersih dari sampah, tapi hal tersebut menandakan ada progres yang baik terkait penanganan sampah di Kota Tasikmalaya, dan ini menjadi topik yang sangat baik juga relevan,” ujarnya.

Salah satu aktivis lingkungan  sekaligus inisiator acara yang akrab dipanggil Kang Acong juga mengatakan, “Sanitari CS memiliki fokus pada penelitian dimana kebetulan saat ini ada seorang Antropolog dari Republik Ceko yang sedang melakukan penelitian di Kota Tasikmalaya, maka kami memanfaatkan momen ini untuk berdiskusi agar melahirkan pemikiran-pemikiran yang bermanfaat”.

Organisasi yang berdiri sejak 23 September 2023 itu menghadirkan Pemateri dari Republik Ceko,  Mr. Lukas Fort, seorang peneliti dan Antropolog yang cukup fasih berbahasa Indonesia. Dengan pemantik diskusi Harniwan Obeh sebagai aktivis lingkungan sekaligus Presiden Republik Aer dan dimoderatori oleh Kang Ridho dari Rumah Sampah Berbasis Sekolah. Dengan di adakannya acara diskusi ini, Sanitari CS berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat terutama kepedulian terhadap lingkungan dan penanganan sampah khususnya di Kota Tasikmalaya. (Yuni/Laporan: Iwan)

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *