Lembaga Sertifikasi di Tasikmalaya Ini Resmi dan Sudah Tangani Ribuan Peserta

 Lembaga Sertifikasi di Tasikmalaya Ini Resmi dan Sudah Tangani Ribuan Peserta

LSP Informatika

tasikiwari.com, BERITA TASIKMALAYA, Saat mencari kerja, berbekal ijazah saja kerapkali tak cukup. Lowongan kerja banyak yang mensyaratkan penguasan kompetensi khusus, yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat resmi berstandar nasional. Bagi warga Tasikmalaya, kebutuhan sertifikasi kompetensi tersebut sebetulnya tidak sulit untuk dimiliki. Hal ini karena di Tasikmalaya, ada beberapa lembaga sertifikasi resmi. Salah satunya adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika.

“LSP Informatika ini resmi di bawah BNSP dan sudah beroperasi lebih dari lima tahun, sejak 2017,” terang Dewanto Rosian Adhy, M.T., yang tak lain adalah inisiator dan pimpinan LSP Informatika.

Resmi di bawah BNSP? Maksudnya apa ya?

BNSP merupakan singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi dan Profesi. Badan ini bertanggung jawab langsung kepada presiden dan merupakan lembaga independen yang resmi dibentuk oleh pemerintah pada tahun 2004.

Sederhananya, BNSP inilah yang diberi tugas oleh negara untuk menjamin kompetensi seseorang. Seseorang bisa disebut menguasai kompetensi tertentu ketika sudah memiliki sertikat dari BNSP. Dalam pelaksanaanya, BNSP memiliki mitra di seluruh Indonesia untuk menjadi lembaga pelaksana uji sertirikasi kompetensi. Dan LSP Informatika adalah salah satu lembaga sertifikasi di Tasikmalaya.

“BNSP punya banyak skema kompetensi, luas sekali. Untuk sementara yang sudah bisa dilayani oleh LSP Informatika ada beberapa kompetensi di bidang IT,” tambah Dewanto.

Dewanto memaparkan, setidaknya ada enam kompetensi yang saat ini bisa dilayani oleh LSP Informatika, antara lain: kompetensi Junior Web Developer, Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Office Operator, Senior Office Operator, Network Administrator dan Programmer.

Untuk warga Tasikmalaya dan sekitarnya, yang perlu sertifikasi kompetensi, tidak perlu berburu ke kota-kota besar. Sertifikat dari LSP Informatika Tasikmalaya ini juga sudah resmi dari BNSP dan memenuhi standar nasional. Bahkan, meski usianya terbilang belum lama, LSP Informatika Tasikmalaya ini sudah melayani ribuan peserta sertifikasi. Para peserta tersebut bukan hanya berasal dari Tasikmalaya, tapi juga dari kota-kota besar semisal Bandung, Bogor dan Jakarta.

“Alhamdulillah sejak 2017 sampai sekarang sudah sekitar 1000 asesi (peserta assessment/uji sertifikasi –red), Bogor, Bandung, Jkt juga ada,” terang Dewanto.

Berapa biaya sertifikasi di LSP Informatika Tasikmalaya ini? Ditanya demikian, begini jawaban Dewanto. “Wah masa untuk sesama Tasik mahal. Insha Alloh terjangkau. Apalagi untuk pembaca tasikiwari.com, nanti kami kasih diskon khusus!” pungkas Dewanto. (dRief)

Related post