Meski Banyak TPS Rawan di Indihiang, tapi Partisipasi Naik!

 Meski Banyak TPS Rawan di Indihiang, tapi Partisipasi Naik!

tasikiwari.com, BERITA TASIKMALAYA. Pemilu Legislatif 2024 yang baru saja berlalu, boleh jadi meninggalkan banyak cerita. Salah satunya seperti yang disampaikan Panwaslu Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya. Lebih dari setengah dari total jumlah TPS di Kota Tasikmalaya ternyata terkategori TPS rawan.

“Kalau berbicara tentang pengawasan, tentu tidak bisa terlepas dari indikasi kerawanan. Dan di Kecamatan Indihiang ini dapat kami sampaikan banyak TPS Rawan. Jumlahnya lebih dari 50%,” terang Ketua Panwascam Kecamatan Indihiang, Iwan Ridwan, S.IP., dalam konferensi pers yang digelar kemarin, Senin (25/03)

Menurut Iwan, jumlah TPS Rawan di Indihiang sebanyak 83 TPS dari total 160 TPS. Ada beragam kerawanan hingga sebuah TPS bisa kemudian dikategorikan sebagai TPS Rawan.

” Yang pertama, sebuah TPS disebut rawan ketika ditemukan jejak money politic pada pemilu sebelumnya (2019). Lalu yang kedua, adalah TPS Rawan tidak ramah akses. Dan yang ketiga TPS Rawan bencana, misalnya saja rawan banjir,” papar Iwan.

Berkaitan dengan TPS Rawan tersebut, Panwascam melakukan pengawasan melekat. Di sisi lain, secara internal melakukan peningkatan kapasitas aparatur Panwascam.

“Alhamdulillah, semua upaya Panwascam Indihiang melahirkan kebahagiaan. Kami memperoleh penghargaan dari Bawaslu Kota Tasikmalaya sebagai Panwascam dengan pengelolaan kesekretariatan terbaik. Selain itu, Kecamatan Indihiang juga menjadi kecamatan pertama yang menyelesiakan proses rekapitulasi,” terang Iwan, bangga.

Dalam kesempatan tersebut, atas capaian-capaian yang sudah dilakukan, Iwan menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak, antara lain PKD, PTPS dan tentu saja masyarakat dan media massa yang sudah berpartisipasi aktif.

“Ada satu lagi prestasi yang membahagiakan, meski banyak TPS Rawan di Indihiang, yaitu tentang tingkat partisipasi pemilih. Pemilu sebelumya, tahun 2019, 82%, sudah cukup tinggi. Tapi di 2024 kemarin kita masih bisa naik jadi 84%! Alhamdulillaah,” pungkas Iwan. (Yuni)

Related post