Pillkada Kota Tasikmalaya Bisa Sampai Empat Paslon

 Pillkada Kota Tasikmalaya Bisa Sampai Empat Paslon

tasikiwari.com, BERITA TASIKMALAYA. Jelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tasikmalaya, beberapa nama sudah mulai jadi buah bibir. Mereka yang digadang-gadang bakal maju pada kontestasi Pilkada. Sebut saja misalnya Yanto Oce, Azies Rismaya Mahpud, Muhamad Yusuf, Dede Sudrajat, Yadi Mulyadi, Dede Muharam, Ivan Dicksan, Viman Alfarizi Ramadhan, dan Muslim. Selain mereka, masih ada beberapa nama yang meski masih lirih, terdengar juga suaranya.

Melihat cukup banyak nama yang berkibar, diprediksi Pilkada Kota Tasikmalaya 2024 bakal diikuti setidaknya tiga pasangan calon. Hal ini dikemukakan H. Dadan Sudrajat, S.Ag., Ketua Ormas Aliansi Bangun Daulat Rakyat (Albadar), Kota Tasikmalaya.

“Lumayan banyak nama yang muncul. Saya kira kemungkinan minimal tiga pasangan. Bahkan kalau lihat formulasi dari angka jumlah kursi partai, empat pasangan calon (paslon –red) masih memungkinkan,” terang Abah Dadan, sapaan akrab Dadan Sudrajat.

Menurut Abah Dadan, sesuai dengan Pasal 40 UU Pemilu No. 10/2016 tentang Pilkada, Parpol bisa mendaftarkan pasangan calon jika mereka memenuhi minimal 20% kursi di DPRD.

“Total kursi DPRD Kota Tasikmalaya kan 45 kursi. Jadi 20% nya itu 9. Secara matematis bisa 5 pasangan calon. Tapi kalau melihat formulasi angka kursi yang ada, mustahil lima. Maksimalnya empat, karena ada partai yang sampai 10 kursi,” jelas Abah Dadan.

Kalau misalnya empat pasangan calon, kira-kira bagaimana formulasi koalisi yang dibangun? Ditanya demikian, Abah Dadan memaparkan permisalan.

“Misalnya ya, ini sekedar menghitung berdasarkan jumlah kursi sekarang. Misalnya PPP dengan Demokrat, itu total 10 kursi ya. Lalu misalnya lagi PDIP dengan PKB, pas 9 kursi. Terus Golar dengan PAN, ini juga pas 9 kursi. Terakhir Gerindra dengan PKS, ini koalisi besar 15 kursi,” terang Abah Dadan.

Menurut Abah Dadan, banyak sekali kemungkinan bisa terjadi. Yang lebih penting untuk masyarakat sekarang, jangan absen untuk ikut mencermati, agar pilihannya membawa maslahat untuk Kota Tasikmalaya ke depan.

“Warga Kota Tasik harus aktif, mencermati, mencari informasi. Semua nama yang sekarang muncul adalah putra-putra terbaik Tasik. Kita sama-sama cari yang terbaik dari yang baik-baik,” pungkas Abah Dadan. (Yuni)

Related post