Polisi Tangkap Penipu Online di Tasikmalaya

 Polisi Tangkap Penipu Online di Tasikmalaya

Tasikiwari.com, BERITA TASIKMALAYA. Satuan Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya berhasil meringkus tersangka tindak pidana penipuan online. Pelaku merupakan warga Desa Ciung Kadunggading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Kejahatan tersebut terungkap saat seorang konsumen berniat menggunakan jasa hack media sosial yang di iklankan oleh tersangka KP (33). Tersangka memasang harga variatif mulai dari Rp. 350.000, hingga Rp. 1,2 Juta.

“Korban berniat menggunakan jasa lacak nomor dari situs www.lacaklokasiakurat.com yang dikelola tersangka KP. Disini korban ingin mendapat jasa sadap Whatsapp,” terang Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP. Siswo pada konferensi pers di Mapolres Tasikmalaya, Kamis, (04/06/2020).

Berhasil meyakinkan kliennya, tersangka kemudian menyarankan korban untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai pembayaran jasa yang diminta. Namun, alih – alih mendapatkan kepuasan atas permintaannya, harapan korban sama sekali tidak terwujud.

Setelah mendapatkan laporan dan beberapa keterangan dari korban, polisi langsung melacak keberadaan pelaku di daerah Cikawunggading, Kecamatan Cipatujah. Harus berurusan dengan pihak kepolisian, tersangka pun mengakui perbuatannya yang sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019 itu.

“Kami berhasil mengamankan satu buah telepon genggam dari tangan pelaku sebagai barang bukti.” Kata AKP. Siswo.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 28 Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dan pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman penjara 10 tahun. (H. Razu Noviansyah/TK)