Simulasi Penanganan Jenazah Korban Covid-19 Polres dan Kodim 0613/Ciamis

 Simulasi Penanganan Jenazah Korban Covid-19 Polres dan Kodim 0613/Ciamis

Anggota TNI dan Polri melakukan simulasi menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)

Tasikiwari.com, CIAMIS. Kepolisian Resort Ciamis melaksanakan pelatihan penanganan jenazah korban virus Covid-19 bagi setiap anggotanya. kegiatan itu dilakukan Rabu, (22/04/2020) di lapangan Mapolres Ciamis.

Menurut Kapolres Ciamis, AKBP. Dony Eka Putra, S.Ik, MH, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan membekali anggota Polres Ciamis apabila sewaktu – waktu dibutuhkan dalam merawat korban yang terpapar Covid-19. Semua anggota perlu memahami SOP penanganan secara seksama.

“Pertama harus kita pahami adalah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), sehingga kita tidak terpapar dalam melaksanakan tugas,” katanya kepala sejumlah awak media.

Ditambahkannya, anggota atau setiap petugas yang mendapat kepercayaan merawat dan mengurusi jenazah harus senantiasa menjaga keselamatan dirinya sendiri. Disamping itu, anggota TNI dan Polri juga mengantisipasi gejolak dimasyarakat agar menghindari konflik penolakan pemakaman bagi korban virus Covid-19.

“Terbatasnya tenaga medis serta memelihara situasi Kamtibmas menjadi landasan kuat pembelajaran baik bagi para anggota kita ini,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Dandim 0613/Ciamis, Dinas Kesehatan Ciamis. Usai kegiatan, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Polres Ciamis dan Kodim 0613/Ciamis. (RN/TK)

Helmi Razu